//responsif iklan

Cara Menggunakan Freeze Panes pada Excel

Posted by

Apa itu Freeze Panes?
Freeze panes adalah sebuah fitur pada Excel yang digunakan untuk membekukan row atau column sebuah worksheet.
Tujuannya adalah untuk menjaga atau membiarkan bagian sebuah worksheet tetap dapat dilihat pada saat kita melakukan scroll baik secara vertical maupun horizontal.
Pada umumnya, freeze panes digunakan untuk membekukan header atau judul kolom pada tabel yang memiliki banyak parameter agar header tetap bisa dilihat pada saat melakukan scroll.
Sebelum Anda menggunakan freeze panes, ada 2 hal yang perlu dipertimbangkan atau dicatat yaitu:
  • Freeze panes dapat dilakukan untuk membekukan hanya top row (row paling atas), first column (kolom paling pertama atau paling kanan), atau pun untuk row dan kolom sekaligus.
  • Freeze panes tidak bisa digunakan pada saat Anda pada posisi Edit cell.

Tipe dan Cara Menggunakan Freeze Panes
Ada 3 jenis freeze panes yang bisa digunakan yaitu sebagai berikut:
Freeze Top Row
Digunakan untuk menjaga top row (baris paling atas) tetap dapat dilihat saat dilakukan scroll.
Langkah untuk melakukan freeze top row adalah sebagai berikut:
  1. Klik pada sembarang cell di worksheet yang akan Anda freeze.freeze-top-row
  2. Pilih atau klik Freeze Top Rowo pada tab menu View > Freeze Panes > Freeze Top Row. Hasilnya adalah sebagai berikut:freeze-top-row1
Pada gambar di atas bisa dilihat top row (row paling atas atau row 1) tetap bisa dilihat pada saat kita melakukan scroll ke bawah dimana row 2 sampai dengan row 7 tidak terlihat.
Freeze First Column
Digunakan untuk menjaga first column (kolom pertama) tetap dapat dilihat saat dilakukan scroll. Untuk melakukan freeze first column adalah sebagai berikut:
  1. Klik pada sembarang cell yang ingin Anda freeze.freeze-fisrt-column
  2. Pilih atau klik Freeze First Column pada tab menu View > Freeze Panes > Freeze First Column. Hasilnya adalah sebagai berikut:freeze-fisrt-column1
Pada gambar bisa dilihat kolom pertama (column A) tetap bisa dilihat pada saat kita melakukan scroll ke kanan dimana kolom B, C, dan D tidak terlihat.
Freeze Panes
Digunakan untuk menjaga row dan column tertentu tetap dapat dilihat saat dilakukan scroll berdasarkan posisi dimana kita melakukan scroll.
Sebagai contoh, kita akan mem-freeze top row dan first column sekaligus. Untuk melakukannya adalah sebagai berikut:
  1. Klik cell di bawah dan di sebelah kanan row dan column yang akan di-freeze. Untuk mem-freeze top row dan first column, klik cell B2 (tidak boleh cell lain).freeze-panes0
  2. Pilih atau klik Freeze Panes pada tab menu View > Freeze Panes > Freeze Panes. Hasilnya adalah sebagai berikut:cara menggunakan freeze panes
Pada gambar bisa dilihat bahwa row 1 dan column A tetap bisa dilihat saat kita melakukan scroll ke bawah dan ke kanan secara sekaligus.
Sumber : jagoexcel.com


Blog, Updated at: 9:45 AM

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.