//responsif iklan

Cara Mengubah Format Text ke Format Number Menggunakan Rumus VALUE

Posted by

Conversi sebuah data pada Ms. Excel bukan saja dilakukan dengan cara copy kemudian paste spesial, tetapi bisa juga menggunakan rumus VALUE untuk merubah format text ke format number. Format number ini nantinya bisa dihitung dengan berbagai operator matematis seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian, maupun perkalian. Rumus VALUE merupakan rumus Excel sebagai fungsi text

Sintax penulisan rumus VALUE adalah
=VALUE(text)

Contoh penulisan adalah sebagai berikut


Dari gambar diatas terdapat 2 buah data angka yang memiliki format text, apabila Anda jumlahkan maka hasilnya akan 0, karena data yang dijumlahkan memiliki format text, nah bagaimana cara merubahnya ke dalam bentuk atau format angka?

Untuk merubah format/konversi data dari text ke number dari contoh diatas silakan ketikkan pada cell B1 dengan rumus =VALUE(A1) kemudian untuk cell B2 silakan ketikkan rumus =VALUE(A2) 

Jika Anda jumlahkan dengan menggunakan SUM maka hasilnya akan berbeda antara kolom A dan kolom B, kenapa demikian? karena format data antara kedua kolom tersebut berbeda. Mari kita lihat hasil penjumlahan antara kolom A dengan kolom B



Hasil dari rumus tersebut seperti gambar dibawah ini kolom A hasil penjumlahan data diatas adalah 0 dan kolom B hasil penjumlahan data adalah 67.


Dari uraian diatas jelas untuk mengolah data angka seperti hitungan angka perlu merubah ke dalam format number bukan text, Apabila Anda mengalami hal kesalahan ketika menjumlahkan atau mengurangi, atau membagi data dan hasilnya adalah 0 atau maka ada beberapa angka yang bukan berformat number.
Sekian, semoga bermanfaat.
Sumber : excel-id.com


Blog, Updated at: 9:02 AM

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.