//responsif iklan

Cara Menampilkan Dua Workbook dalam Satu Layar pada Excel

Posted by

Ada banyak fungsi dalam MS-Excel yang dapat memudahkan kita dalam bekerja, contohnya menampilkan dua workbook dalam satu layar, tetapi jarang dari kita yang mengetahuinya, misalnya satu waktu kita pernah ingin membandingkan data dari dua jendela workbook yang berbeda, untuk melihat kedua data tersebut kita harus menutup layar yang satu dan membuka yang lainnya, 
Tentu jika bisa melihat dan membandingkan kedua data tersebut untuk diedit dalam waktu bersamaan pekerjaan akan lebih mudah dan menyenangkan serta dapat dapat menghemat waktu disisi lain.
Untuk dapat menampilkan dua Workbook dalam satu layar ada cara praktis dan efektif yang dapat kita lakukan.
Berikut 5 langkah mudah untuk melakukannya:
1.    Langkah pertama, bukalah terlebih dahulu dua workbook yang akan anda buka dalam satu layar.
2.    Klik tab View, jika sudah terbuka pada group Window pilih View Side by Side seperti terlihat pada gambar di bawah ini
menampilkan-dua-workbook-dalam-satu-layar-1
Jika anda telah melakukan sampai langkah ke-2 maka akan muncul tampilan dua workbook, namun jika anda menggeser satu scroll bar, maka scroll bar pada jendela lainnya juga ikut bergeser secara bersamaan.
menampilkan-dua-workbook-dalam-satu-layar-2
3.    Lalu bagaimana? Jika anda tidak ingin kedua scroll bar tersebut bergeser secara bersamaan caranya adalah klik Synchronous Scrolling pada group Window tab View.
menampilkan-dua-workbook-dalam-satu-layar-3
4.    Jika anda tidak menginginkan tampilan yang ada lihat saat ini anda dapat mengubah tampilan tersebut dengan menekan tombol Arrange All pada group Window(tap View) tersebut. Kotak dialog akan muncul seperti terlihat pada gambar, anda tinggal pilih tampilan yang diinginkan, misalnya Vertical.
menampilkan-dua-workbook-dalam-satu-layar-4
5.    Setelah selesai tekan OK,  sehingga tampilan workbook excel akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

menampilkan-dua-workbook-dalam-satu-layar-5
Dengan cara ini kerepotan pada saat mengedit atau membandingkan dokumen excel akan dapat dikurangi, waktu bisa lebih hemat, jika kita dapat menampilkan dua workbook dalam satu layar. Selamat tinggal minimize-maximize…!
Demikianlah cara mudah menampilakan dua workbook dalam satu layar pada MS-Excel, semoga bermanfaat…
Sumber : nonisyarif.com


Blog, Updated at: 9:53 AM

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.