//responsif iklan

Cara Menghapus Kolom dan Baris Kosong pada Excel

Posted by

Ada kalanya, kita sering menjumpai data Excel yang masih kotor atau belum rapi. Misalnya, data atau tabel yang memiliki kolom (column) atau baris (row) kosong. Data seperti ini biasanya berasal dari sistem atau software lain, misalnya software akuntansi.
cara menghapus kolom dan baris kosong
Data Excel yang memiliki kolom dan baris kosong, punya banyak keterbatasan antara lain tidak bisa dilakukan PivotTable.
Untuk bisa menggunakan data tabel dengan optimal, kita terlebih dahulu harus membersihkan data dengan menghapus kolom dan baris yang kosong. Proses pembersihan data seperti ini dikenal dengan istilah data cleansing.
Jika jumlah column dan row pada tabel tidak terlalu banyak, kita bisa saja melakukannya secara manual. Tapi pada tabel dengan jumlah baris dan kolom yang sangat banyak, menghapus kolom dan baris secara manual akan sangat membosankan.
Untuk menghapus kolom dan baris kosong, kita akan melakukannya dalam dua tahap. Pertama, menghapus kolom yang kosong terlebih dahulu, kemudian baru menghapus baris yang kosong dengan cara yang sama. Atau bisa juga sebaliknya, yaitu menghapus baris yang kosong baru kemudian menghapus kolom yang kosong.
Langkah-langkah atau cara menghapus kolom dan baris kosong adalah sebagai berikut:
  1. Pilih atau blok baris pertama tabel yang merupakan header tabel.01-block
  2. Pilih Go To Special pada menu tab Home > Go To lalu klik tombol Special. Atau klik F5 untuk shortcut atau jalan pintas.02-go-to-special03
  3. Pilih atau klik Blanks pada window box Go To Specials untuk memilih cell yang kosong pada row yang diblok yang akan dihapus, lalu klik OK.04
  4. Klik kanan pada woksheet, pilih Delete untuk menghapus.klik-kanan-delet
  5. Pada window box Delete pilih Delete Entire Column lalu OK.05-delete
  6. [Langkah selanjutnya, sebenarnya sama dengan langkah 1 sampai dengan 5 tapi untuk yang row]. Pilih atau blok kolom pertama atau kolom paling kanan data tabel.07
  7. Pilih Go To Special pada menu tab Home > Go To > Go Special.03
  8. Pilih atau klik Blanks pada window box Go To Special untuk memilih cell kosong yang akan dihapus.04
  9. Pada worksheet, klik kanan lalu pilih Delete untuk memunculkan window box Delete
  10. Pada window box Delete, pilih Delete Entire row lalu klik OK untuk menghapus seluruh row yang sebaris dengan cell kosong.08
  11. Hasilnya akhirnya adalah sebagai berikut.09
Sumber : jagoexcel.com


Blog, Updated at: 9:57 AM

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.