//responsif iklan

Mengenal Fungsi Find and Select (Find, Replace, Go To) pada Excel

Posted by

Find & Select

Menu Find & Select ada di Ribbon Menu, Tab Home, Group Editing. Posis paling kanan di tab Home.


1. Find
Find digunakan untuk mencari data, formula atau comments. Klik menu Find & Select, kemudian pilih Find, maka akan muncul kotak seperti di bawah ini.

  • Find what : tempat untuk mengetikkan data yang akan dicari
  • Within       : untuk menentukan lokasi pencarian, yang meliputi sheet dan workbook, sheet untuk mencari di sheet yang aktif sedangkan workbook untuk mencari di semua sheet di dalam workbook.
  • Search      : menentukan cara pencarian data, adapun pilihannya yaitu by row atau by colomn. Jika by row yang dipilih maka excel akan mencari data dari baris awal sampai kolom habis baru pindah baris. Sedangkan jika by colomn yang dipilih maka akan mencari data dari kolom awal sampai baris habis baru berpindah kolom.
  • Lookin     : ada tiga pilihan, jika mencari sesuatu yang ada di formula pilih formula, jika data yang yang dicari maka pilih values dan jika mencari komentar maka pilih comments.
  • Match case : centang opsi ini jika besar kecilnya huruf harus sesuai dengan data yang dicari
  • Match entire cell content : centang opsi ini jika jika data yang dicari harus sama dengan data dalam 1 cell, tidak boleh ada tambahan data lainnya.
Klik tombol Find All maka excel akan menampilkan hasil pencarian di dalam list, dimana saja data ditemukan, sedangkan jika klik tombol Find Next, maka excel akan mencari data satu persatu, kursor akan berpindah ke lokasi data yang sesuai.

Replace
Replace digunakan untuk mencari data dan mengubahnya sesuai keinginan. Klik menu Find and Select, kemudian pilih Replace, akan muncul kotak dialog seperti di bawah :

  • Find what      : sebagai tempat mengetikkan data yang akan dicari.
  • Replace with : sebagai tempat untuk mengetikka data pengganti, jika data yang dicari sesuai.
  • Opsi lainnya sama dengan Menu Find
  • Tombol Replace All, jika di klik maka excel akan mengubah semua data yang ditemukan dengan data baru.
  • Tombol Replace, maka excel akan mengubah data satu persatu.
Go To ...
Go To digunakan untuk menavigasi cell secara cepat. Semisal data yang ada lebih dari 100.000 baris, maka untuk menuju baris terakhir pasti akan memakan waktu lama dengan menekan tombol page down atau scroll mouse berkali - kali. Oleh karena itu, cukup dengan menggunakan perintah Go To maka akan sampai ke cell yang dituju dalam sekejap.
Klik Find and Select kemudian pilih Go To..., maka akan tampil kotak dialog seperti pada gambar.

Ketikkan alamat yang akan dituju pada bagian reference dengan format [kolom][row] untuk menuju cell tertentu atau [row]:[row] untuk menuju baris tertentu atau [kolom]:[kolom] untuk menuju kolom tertentu. Misal jika ingin menuju cell BZ512 maka ketikkan BZ512 di reference, kursor akan menuju ke alamat yang dituju setelah tombol OK di klik.
Sumber : sangbadrun.blogspot.com


Blog, Updated at: 6:35 PM

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.