//responsif iklan

Cara Sorting Data dengan Custom Sort pada Excel

Posted by

Adakalanya data yang telah anda simpan ingin anda urutkan berdasarkan kriteria tertentu, Misalnya anda ingin mengurutkan data siswa berdasarkan abjad A-Z atau berdasarkan diurutkan dari nilai tertinggi-terendah dan lain sebagainya.

Pekerjaan ini dapat dilakukan pada worksheet Excel melalui group Sort & Filter pada tab Data. Pada Group ini, anda dapat memilih Sort Lowest to Highest (mengurutkan data dari yang terkecil ke data yang terbesar) atau Sort Highest to Lowest (mengurutkan data dari data yang terbesar ke data yang terkecil.
Jika anda melakukan pengurutan data dengan cara seperti ini maka otomatis menggunakan kolom paling kiri dari sebuah tabel sebagai dasarnya (menjadi patokan dari kolom yang lainnya). Untuk lebih jelasnya cara mengurutkan data  dengan kriteria tertentu perhatikan tabel dibawah ini yang dibuat urutan dari nilai yang terkecil ke nilai yang terbesar (sort Lowest to Highest)
Sekarang, bagaimana jika saya ingin mengurutkan data yang ada di dalam tabel berdasar kriteria tertentu yang kita inginkan sebagai dasar? Mengurutkan data berdasarkan Nama Peserta misalnya, bagaimana?
Untuk mengetahui bagaimana mengurutkan data dengan kriteria tertentu, ikuti 4 langkah berikut ini:
  1. Langkah pertama: seleksi terlebih dahulu tabel tersebut (misalnya data anda ingin diurutkan  mulai dari kolom “NO.PES” sampai dengan kolom “NS” untuk kesebelas peserta, maka seleksi range C9:L19), seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini
mengurutkan-data-1
  1. Lalu pilih tab Data group Sort & Filter, pilih Sort, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
mengurutkan data
  1. Jika anda telah melakukan sampai langkah ke-2, maka akan muncul kota dialog Sort, disini kita bisa menentukan kriteria sesuai yang kita inginkan.
mengurutkan data-3
Tadi kita ingin mengurutkan data berdasarkan NAMA PESERTA, maka pada kotak dialog:
Column, Sort by pilih Column DSort On ; pilih Value, Order; pilih A to Z (jika data ingin diurutkan dari yang terkecil ke yang terbesar)
  1. Lalu tekan OK, hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini, dimana nama peserta menjadi dasar untuk kolom yang lain pada tabel, nama peserta telah terurut dari A-Z.
mengurutkan-data-4
Langkah di atas dapat anda ulangi jika anda ingin mengurutkan tabel berdasarkan misalnya “NILAI RAPOR- RATA-RATA”
Anda tinggal memilih Column, Sort by isikan Column J; Sort On ; pilih Value, Order; pilih Z to A (jika data ingin diurutkan dari yang terbesar ke yang terkecil). 
Semoga bermanfaat. 
Sumber : nonisyarif.com


Blog, Updated at: 6:37 AM

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.