//responsif iklan

Mengenal Pivot Table pada Excel

Posted by

Pivot Table merupakan sebuah tools pada aplikasi ms.excel yang digunakan untuk meringkas, menganalisis, serta mengeksplorasi data untuk disajikan menjadi sebuah laporan dalam bentuk tabel-tabel.
Fungsi pivot table ini adalah bertujuan agar sebuah data dapat disajikan secara ringkas berdasarkan parameter-parameter yang diberikan sesuai dengan kebutuhan data. Dengan menggunakan pivot table diharapkan mempercepat analisa suatu data untuk mengambil suatu keputusan.
Jadi pivot ini berguna banget buat data yang banyaknyaknyaknyak banget.
Contoh di sini gue punya data dengan 213 baris.
Picture1
Pusing kan ya liatnya? Apalagi mau nganalisis. Pivot table berguna banget nih dalam hal ginian. Berikut gue akan ngejelasin beberapa hal yang bisa kita lakukan dengan pivot table.

Pivot Tables

Picture2
Pivot table dapat dibuat dengan cara Insert > Pivot Table > Select Table > OK

Picture3
Drag fields yang ingin digunakan. Drag Country > Report Filter, Product > Row Labels, dan Amount > Values.
Setelah muncul pivot table dengan fields yang kita inginkan, pada report filter, yaitu Country dan row labels, yaitu Product, kita dapat memfilter data yang kita inginkan.
Picture4
Kita juga bisa memvisualisasi data lebih lengkap. Seperti di bawah ini:
Picture5
Pindahkan product ke column labels dan drag category ke row labels.
Picture6
Informasi lebih lengkap dengan menambahkan field.

Group Pivot Table Items

Picture7
Untuk membuat group dari beberapa item yang diinginkan, pilih item >klik kanan > Group

Selain product, kita juga dapat menggabungkan beberapa item menurut waktunya (sesuai data).
Picture8
Drag field Date ke Row Labels agar pivot table menampilkan data Date.

Picture9
Klik di cell mana aja lalu klik kanan dan akan muncul tab Grouping dengan beberapa pilihan waktu. Pada contoh, gue grouping Months and Quarters.

Multi-level Pivot Table

Multi Value Field
Picture10
Drag field yang sama pada values, yaitu Amount.
Picture11
Akan tampil kolom baru dengan Amount2.
Dengan adanya kolom baru pada Value, kita bisa melakukan beberapa fungsi yang dapat membantu kita menganalisis data, contoh Sum, Count, Average, dll.
Picture12
Pilih cell pada kolom Amount2 > Klik kanan > Value Field Settings > Pilih fungsi (type of calculation).
Picture13
Contoh dari calculation of average.
Selain multi Value, kita juga dapat multi report filter, row labels, dan colomn labels sesuai kebutuhan. Dengan cara yang sama, drag field pada area yang diinginkan dan pivot table akan menampilkannya.

Pivot Chart

Pivot Chart digunakan untuk memvisualisasikan data dari pivot table.
Picture14
Klik cell mana aja pada tabel lalu Insert Chart.
Pada chart akan muncul field pada Pivot Table. Field yang berada di area report filter dan row labels dapat kita filter seperti memfilter pada pivot table. Jadi, ketika difilter, yang akan tervisualisasi hanya data yang kita ingin tampilkan saja.

Slicers

Slicer memiliki kegunaan yang dapat dikatan sama dengan filter hanya dengan cara yang berbeda.

slicer
Untuk melakukan slicer: Insert > Slicer

Picture15
Pilih field > pilih item yang ingin ditampilkan

Update Pivot Table

Update pivot table digunakan saat kita mengganti main data. Data yang diganti tidak berpengaruh pada pivot table secara langsung. Kita harus mengupdatenya.
Picture16
Untuk mengupdate pivot table: Klik kanan > Refresh
Picture17
Contohnya pada Wardrobe yang pada main data sudah diganti angkanya.
Atau bila kita ingin mengubah cellnya dengan menambah baris atau kolom, atau menghapusnya, kita dapat klik tombol Change Data Source untuk mengupdate datanya.
Nahhh udah deh temen-temen. Segitu aja yang bisa gue sampein.
Semoga bermanfaat
Sumber : ghinapashar.wordpress.com


Blog, Updated at: 8:14 AM

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.