//responsif iklan

Perbedaan Workbook dan Worksheet Pada Excel

Posted by

Perbedaan Workbook (Buku Kerja) dan Worksheet (Lembar Kerja) pada excel serta pengertian istilah Column (Kolom) dan Row (Baris) dan juga pengertian Cell (Sel) dan Range (Rentang) pada microsoft excel serta bagaimana menggunakan kedua bagian excel tersebut.

Sebelum mengenal excel saya yakin sebagian besar dari kita lebih mengenal microsoft word terlebih dahulu sebagai bagian dari paket aplikasi microsoft office yang memang di fungsikan untuk menulis dokumen-dokumen dalam susunan paragraf-paragraf kalimat sesuai kebutuhan.

Meskipun sama-sama bisa digunakan untuk membuat dokumen, fungsi dasar excel berbeda dengan Ms. Word. Microsoft word lebih difungsikan untuk mengolah kata sedangkan excel digunakan untuk mengolah angka.

Area kerja microsoft excel tidak seperti microsoft word yang tampilannya merupakan lembaran-lembaran seukuran kertas cetak. Pada microsoft excel, tempat kita mengolah angka ini dibagi ke dalam beberapa bagian yang pada masing-masing bagiannya dibagi-bagi lagi lebih kecil untuk mempermudah kita melakukan pengolahan data yang sebagian besar merupakan nominal angka.



PERBEDAAN WORKBOOK DAN WORKSHEET PADA EXCEL


Apa perbedaan Workbook dan worksheet?

Sebelum lebih jauh membahas tentang perbedaan workbook dan worksheet pada excel silahkan perhatikan tampilan lembar kerja excel berikut:
Bagian-bagian Worksheet Pada Microsoft Excel

Workbook Excel


Buku kerja dalam microsoft excel disebut dengan Workbook. Setiap file excel pasti memiliki 1 workbook. Untuk itu sebuah file excel bisa juga disebut sebagai workbook atau buku kerja.

Workbook adalah tempat atau area dimana kita melakukan bermacam aktifitas utama pada microsoft excel

Workbook excel ini dibagi ke dalam bagian-bagian lebih kecil yang disebut dengan worksheet atau lembar kerja.

Pengertian Workbook juga bisa diartikan sebagai file excel yang berisi kumpulan dari 1 worksheet atau lebih. Sehingga bisa juga diartikan bahwa workbook dalam microsoft office excel merupakan kumpulan dari worksheet.

Lalu apa itu worksheet atau lembar kerja excel?

Worksheet Excel


Lembar kerja pada microsoft excel yang juga disebut worksheet adalah bagian dari workbook, tempat dimana kita memasukkan data, membuat tabel, membuat chart, dan lain sebagainya.

Jika workbook atau buku kerja microsoft excel merupakan sebuah buku maka worksheet atau lembar kerja excel merupakan halaman-halaman dari buku tersebut.

Jadi worksheet adalah bagian lebih kecil dari Workbook. Sehingga koleksi atau kumpulan worksheet pada dokumen excel disebut dengan workbook.

lembar kerja excel terbagi dalam baris dan kolom pertemuan antara baris dan kolom disebut

Sebuah worksheet atau lembar kerja excel terbagi dalam baris dan kolompertemuan antara baris dan kolom disebut dengan sel (cells) excel.
Sumber : kelasexcel.web.id


Blog, Updated at: 11:33 PM

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.