//responsif iklan

Bekerja dengan Workseet Excel

Posted by

Saat membuat sebuah file baru, excel secara defaut menyediakan 3 worksheet yang diberi nama Sheet 1, Sheet 2 dan Sheet 3.
Dengan adanya worksheet maka kita akan lebih mudah dalam melakukan menejemen set data pada file excel yang kita buat. Misalnya pada sheet 1 kita isi dengan data pengeluaran, sheet 2 kita isi data pemasukan sedangkan pada sheet 3 kita gunakan sebagai tempat menyusun laporannya.

Apakah hanya itu saja? tentu tidak selanjutnya kita akan belajar tentang hal-hal yang bisa kita lakukan dengan worksheet excel ini.

Menambah Worksheet Baru


Bagaimanakan cara menambahkan lembar kerja excel atau worksheet?

Untuk menambah sebuah worksheet bisa dilakukan dengan klik tanda plus (+) yang ada disebelah tab worksheet.
Cara Menambahkan Sheet Excel

Cara lain adalah dengan menuju Tab Home -- Group Cells -- Insert lalu pilihInsert Sheet.
Menu Insert Sheet Excel

Cara pertama akan menambahkan worksheet baru disebelah kanan, sedangkan cara kedua akan menambah worksheet di sebelah kiri dari Tab worksheet.

Jumlah worksheet yang bisa kita tambahkan dibatasi oleh memory komputer yang tersedia.

Menghapus Worksheet


Bagaimanakah cara menghapus worksheet atau lembar kerja excel?

Jumlah worksheet standar yang muncul ketika membuka program excel adalah 3 (tiga). Jika tidak diperlukan lagi, anda bisa menghapus satu atau beberapa worksheet dan hanya menyisakan satu worksheet saja.

Untuk menghapus worksheet caranya adalah dengan klik kanan pada worksheet yang akan dihapus kemudian pilih menu Delete.
Cara Menghapus Sheet Excel

Cara kedua adalah menghapus melalui menu Delete Sheet yang ada di Tab Home -- Group Cells -- Delete.Menu Delete Sheet Excel

Jika dalam sheet tersebut terdapat data tertentu excel akan menampilkan sebuah pesan peringatan yang menyatakan bahwa sheet akan dihapus secara permanen dan tidak bisa dikembalikan lagi.

Berpindah Antar Worksheet


Bagaimanakah cara berpindah antar worksheet?

Cara untuk berpindah dari sheet satu ke sheet yang lainnya adalah dengan memilih (klik) nama sheet yang ada dibagian worksheet Tab. Selain menggunakan mouse dengan cara tersebut kita juga bisa berpindah antar sheet dengan menggunakan shorcut Ctrl + PgUp atau Ctrl + PgDn.

Mengubah Urutan Worksheet

Bagaimankah cara mengubah urutan worksheet exel?

Untuk merubah posisi worksheet dalam urutan Tab bisa dilakukan dengan cara klik dan tahan worksheet yang akan dipindahkan, kemudian tarik dan posisikan pada urutan yang dikehendaki pada tab worksheet.
Merubah Posisi Worksheet Excel

Menyembunyikan Dan Menampilkan Worksheet


Bagaimanakah cara menyembunyikan worksheet di excel?

Untuk menyembunyikan worksheet tertentu lakukan klik kanan pada nama worksheet kemudian pilih menu Hide.
Cara menyembunyikan worksheet excel

Untuk menampilkan worksheet yang tersembunyi caranya dengan klik kanan pada bagian salah satu nama worksheet yang ada di Tab Worksheet, lalu pada menu yang muncul pilih Unhide. Dari daftar atau list worksheet yang tersembunyi pilih saah satu yang akan ditampilkan kemudian klik OK.

Cara menampilkan worksheet yang tersembunyi

Mengubah Nama Worksheet


Agar lebih mencerminkan isi set datanya, sebuah Worksheet perlu kita rubah namanya agar lebih mudah kita ingat.

Caranya dengan melakukan klik kanan lalu pada salah satu wroksheet yang akan kita rubah namanya kemudian pada contextual menu yang muncul pilih rename. Hal ini bisa juga kita lakukan dengan cara yang lebih mudah yakni dengan melakukan double klik pada nama worksheet.
Untuk selanjutnya Nama worksheet tersebut bisa kita rubah sesuai kebutuhan.
Cara merubah nama worksheet Excel

Sumber : kelasexcel.web.id


Blog, Updated at: 11:40 PM

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.