//responsif iklan

Pengenalan Rumus dan Fungsi pada Excel

Posted by

Formulas dan Functions atau dikenal sebegai Rumus Excel dan Fungsi Exceldalam bahasa Indonesia. Formula dan fungsi ini digunakan untuk membantu kita dalam mengerjakan beragam proses perhitungan dan pengolahan data di excel.

FORMULA/RUMUS EXCEL


Formula atau juga sering disebut Rumus ini bisa kita gunakan dalam perhitungan yang sederhana hingga yang super kompleks, baik untuk data berupa angka, teks, tanggal, waktu, atau kombinasi dari jenis data-data tersebut.

Secara garis besar Rumus atau Formula pada Excel didefinisikan sebagaipersamaan matematika untuk menghitung nilai-nilai tertentu dengan tujuan untuk mendapatkan hasil yang diharapkan.

Cara menggunakan rumus microsoft excel atau penulisan formula selalu diawali tanda sama dengan (=) dan umumnya melibatkan operator dasar matematika.

Sebagai contoh misalnya kita akan menjumlahkan angka 10,20,30 maka formula excelnya adalah:

=10+20+30

Contoh lain jika kita ingin mencari rata-rata dari 10,20,30 maka rumus excelnya adalah :

=(10+20+30)/3

FUNCTION/FUNGSI EXCEL


Adapun Fungsi secara garis besar merupakan preset dari formula yang bertujuan untuk menyederhanakan formula hingga membuat proses perhitungan data menjadi lebih singkat dan tentunya relatif lebih mudah untuk dikerjakan.

Jika kita akan menjumlahkan data angka 10,20,30 maka fungsi yang akan kita gunakan adalah fungsi SUM :

=SUM(10;20;30)

Sedangkan untuk mencari rata-rata data tersebut kita gunakan fungsi AVERAGE :

=AVERAGE(10;20;30)

Jika hanya melibatkan tiga angka sebagaimana contoh diatas tentu belum ada perbedaan yang cukup berarti namun coba bayangkan jika kita sudah berhadapan dengan ratusan atau bahkan ribuan data. Keberadaan fungsi akan benar-benar kita rasakan manfaatnya.

BAGIAN-BAGIAN RUMUS EXCEL


Sebuah rumus excel atau formula excel bisa memuat salah satu atau semua dari beberapa hal berikut: fungsireferensioperator, dan konstanta.
Bagian-Bagian Formula Excel
  1. SAMA DENGAN (=) : Tanda sama dengan atau “=” merupakan tanda awal dari penulisan formula atau rumus excel yang harus dituliskan jika kita hendak menggunakan formula apapun.
  2. FUNGSI : Fungsi merupakan sebuah kode tertentu yang melakukan kalkulasi tertentu di excel berdasarkan susunan argumen yang telah di tetapkan pada microsoft excel. Fungsi bisa digunakan untuk menjalankan perhitungan sederhana atau kompleks. Misalnya fungsi SUM yang merupakan sebuah Fungsi excel yang digunakan untuk menjumlahkan data.
  3. REFERENSI : Referensi adalah acuan pada sebuah sel atau range pada lembar kerja, baik pada sheet yang sama maupun sheet yang berbeda. pada contoh di atas misalnya B2:B5 merupakan referensi dalam bentuk Range (Kumpulan Cell) sedangkan C2 Merupakan Referensi dalam bentuk sel tunggal.
  4. KONSTANTA: Konstanta merupakan nilai yang bukan hasil dari sebuah kalkulasi perhitungan, karena itu nilainya selalu sama atau tidak berubah. Konstanta dapat berbentuk teks maupun angka yang dimasukkan langsung ke rumus, misalnya angka 3
  5. OPERATOR: Operator merupakan simbol karakter yang menentukan tipe perhitungan yang ingin anda jalankan pada sebuah rumus excel. Pada contoh diatas yang termasuk operator adalah tanda * (perkalian) dan / (pembagian). 

SINTAKS FUNGSI


Sintaks Fungsi Excel

  1. STRUKTUR : Struktur fungsi dimulai dengan tanda sama dengan (=), yang diikuti dengan nama fungsi, tanda kurung buka, argumen untuk fungsi yang dipisahkan oleh titik koma (;) Untuk format bahasa Indonesia atau koma (,) untuk format bahasa selain Indonesia, dan tanda kurung tutup. Struktur Fungsi contoh diatas adalah "=IF(A2=B2;"Sama";"Tidak Sama")".
  2. NAMA FUNGSI : Nama Fungsi pada contoh diatas adalah Fungsi IF. Nama fungsi. Untuk daftar fungsi yang ada, klik sel dan tekan SHIFT+F3.
  3. ARGUMEN : Argumen bisa berupa angka, teks, nilai logika seperti TRUE atau FALSE, array, nilai kesalahan seperti #N/A, atau referensi sel. Argumen yang Anda tentukan harus menghasilkan nilai yang valid untuk argumen itu. Argumen juga bisa berupa konstanta, rumus, atau fungsi lainnya. Dan untuk catatan bahwa setiap fungsi memiliki argumen yang berbeda-beda.
  4. ARGUMENT TOOLTIPS: Tooltips atau tips alat dengan sintaks dan argumen muncul saat Anda mengetikkan fungsi. Tooltips hanya muncul untuk fungsi bawaan excel.

Dari sedikit penjelasan tentang Fungsi dan Formula(Rumus Excel) diatas seringkali saya temui pengguna excel salah atau kurang tepat dalam menggunakan kedua istilah pada excel tersebut. Banyak pengguna excel menyamakan atau lebih tepatnya memakai istilah fungsi sebagai rumus excel.
Sumber : kelasexcel.web.id


Blog, Updated at: 3:09 AM

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.