//responsif iklan

Fungsi SUM dan penggunaannya pada Excel

Posted by

Fungsi sum merupakan sebuah fungsi yang digunakan untuk menjumlahkan nilai-nilai dalam array yang dipilih atau didefinisikan sebagai menambah semua angka yang ditentukan sebagai argumen. 

Setiap argumen pada fungsi sum ini dapat berupa rentang, referensi sel, array, konstanta, rumus, atau hasil dari fungsi lain. 

Sintaks Fungsi SUM di Excel

SUM(number1,[number2],...)
  • number1 merupakan argumen atau angka atau nilai pertama yang ingin ditambahkan.
  • number2 merupakan argumen atau angka atau nilai kedua yang ingin ditambahkan.
  • dan number-number seterusnya.

Contoh Penggunaan Fungsi SUM


Menghitung jumlah total penjualan merupakan contoh yang paling sering dilakukan dengan menggunakan fungsi sum. 

Contoh pada gambar fungsi sum dibawah ini adalah menghitung total penjualan pada kolom E di sel E12.

cara menggunakan Fungsi Sum di Excel
Fungsi Sum 

Cara menggunakan fungsi sum di excel.

  • Cara yang pertama untuk menggunakan fungsi sum adalah dari insert function.
  • Cara yang kedua adalah dengan tools autosum pada menu toolsbar (dari menu home).
  • Cara yang ketiga adalah dengan menggunakan shortcut (Alt+=) yaotu dengan menekan tombol Alt dan tombol = secara bersamaan.
Sumber : rumus-fungsi-excel.blogspot.com


Blog, Updated at: 12:05 PM

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.