//responsif iklan

Fungsi ROUND pada Excel

Posted by

Untuk membulatkan  nilai rata-rata yang dihasilkan ke sejumlah angka desimal tertentu. Anda dapat memanfaatkan fungsi Microsoft Excel lain yaitu fungsi ROUND(). Dengan fungsi ini, Anda dapat menentukan sendiri jumlah angka di belakang tanda desimal atau menghilangkannya sama sekali. Berikut ini adalah sintaksis fungsi ROUND() di Microsoft Excel:
=ROUND(nilai, jumlah_angka)
nilai adalah parameter yang diperlukan dan merupakan nilai yang dibulatkan. jumlah_angka adalah parameter yang diperlukan dan merupakan banyaknya angka yang ditampilkan di belakang tanda desimal. Berikut ini adalah contoh penggunaan fungsi ROUND() di Microsoft Office Excel.
Buka file Microsoft Excel terkait dengan menghitung nilai rata-rata.
Menggunakan fungsi ROUND() di Excel
Tempatkan kursor di sel (cell) P6 dan ketikkan =ROUND(O6, 2) untuk membulatkan nilai rata-rata yang ada di kolom O. Nilai rata-rata dibulatkan dengan hanya menampilkan 2 angka dibelakang tanda desimal. Anda dapat memperhatikan formula yang diketik di sel P6 juga ditampilkan di fomula bar di atas label kolom.
Menggunakan fungsi ROUND() di Excel
Tekan tombol keyboard Enter untuk mendapatkan hasil pembulatan nilai rata-rata. Untuk menghitung pembulatan nilai rata-rata siswa lainya, cukup salin formula tersebut dengan menekan dan menarik handler (bujur sangkar kecil warna hitam yang terletak di bagian kanan bawah) dari sel P6 yang aktif sampai ke sel P13
Menggunakan fungsi ROUND() di Excel
Hasil pembulatan seluruh nilai rata-rata siswa ditampilkan di kolom P. Anda sebenarnya dapat membulatkan langsung hasil nilai rata-rata di kolom RATA-RATA tanpa perlu membuat kolom RATA-RATA dan ROUND secara terpisah. Anda dapat mempersingkat cara tersebut dengan menggabungkan fungsi ROUND() dan AVERAGE() menjadi satu dengan menuliskan rumus =ROUND(AVERAGE(C6:N6), 2) di sel O6.
Menggunakan fungsi ROUND() di Excel
Sumber : termasmedia.com


Blog, Updated at: 8:53 AM

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.