//responsif iklan

Fungsi MEDIAN pada Excel

Posted by

Fungsi MEDIAN() di Microsoft Excel adalah untuk mengembalikan atau menghasilkan median statistik atau nilai tengah dari serangkaian nilai yang disediakan. Fungsi MEDIAN() merupakan salah satu fungsi yang terdefinisi (built-in function) dan termasuk ke dalam kategori fungsi-fungsi statistik Microsoft Excel. Ketika Anda bekerja pada tabel dengan banyak data angka (nilai numerik), penggunaan fungsi MEDIAN() akan mengembalikan atau menghasilkan nilai yang ada di tengah.
Dalam operasinya, fungsi MEDIAN() akan mengurutkan terlebih dahulu data yang disertakan dari kecil ke besar atau dari besar ke kecil. Bila data yang disertakan ganjil, median adalah nilai yang berada di posisi tengah. Bila data yang disertakan genap, median adalah rata-rata dari dua nilai yang berada di posisi tengah. Dengan demikian, separuh dari data yang disediakan mempunyai nilai kebih kecil dari median dan separuhnya lagi mempunyai nilai lebih besar dari median.

1. Sintaksis fungsi MEDIAN().

Adapun sintaksis fungsi MEDIAN() di Microsoft Excel adalah sebagai berikut:
=MEDIAN(number1, [number2], ...)
number1, number2 dan seterusnya disebut dengan argumen atau parameter fungsi MEDIAN(). Argumen fungsi MEDIAN() ini dapat berupa nilai numerik, larik (range) nilai numerik atau acuan (reference) ke nilai numerik. Argumen pertama (number1) diperlukan di dalam fungsi MEDIAN(), sedangkan argumen berikutnya bersifat opsional artinya Anda bisa menyertakan dan bisa juga tidak. Di Microsoft Excel 2007 ke atas, batas jumlah argumen yang dapat disertakan di fungsi MEDIAN() sebanyak 255, sedangkan di Microsoft Excel 2003 hanya sebanyak 30 argumen.

2. Penerapan fungsi MEDIAN().

Berikut ini adalah contoh tabel dengan data nilai numerik (angka) dan juga penerapan fungsi MEDIAN() dengan berbagai variasi argumen.
Fungsi MEDIAN() Microsoft Excel

3. Hasil fungsi MEDIAN().

Di gambar berikut ini, Anda dapat melihat hasil penerapan fungsi MEDIAN() pada tabel data nilai numerik (angka).
Fungsi MEDIAN() Microsoft Excel
Fungsi MEDIAN() ini berlaku untuk Excel 2000, Excel XP, Excel 2003, Excel 2007, Excel 2010, Excel 2011 for Mac, Excel 2013 dan juga Excel 2016.
Sumber : termasmedia.com


Blog, Updated at: 7:42 AM

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.