//responsif iklan

Cara Membuat Hyperlink di Excel

Posted by

Hyperlink di excel berfungsi untuk mempermudah akses cepat kedalam suatu informasi, baik berupa alamat cell, range, alamat website atau alamat email. Hyperlink biasanya juga digunakan untuk memudahkan navigasi di excel agar lebih mudah mengakses suatu data. untuk menggunankan hyperlink anda juga dapat menggunakan suatu objek yang didalamnya disisipkan link ke dalam suatu informasi. Berikut ini cara membuat hyperlink di excel. untuk mengelola hyperlink anda dapat akses di Tab Insert kemudian pilih Link.
Hyperlink di excel

Cara membuat Hyperlink Dalam Workbook Excel

Anda berbagai fitur hyperlink di microsoft excel yang dapat kita manfaatkan, type hyperlink ini ruang lingkupnya (scope) sebagai berikut :
  • Existing file or Web Page, Hyperlink ini dapat kita gunakan untuk ekses file hardisk komputer atau alamat web, anda dapat browse file dalam folder atau tuliskan alamat web pada kolom address.
  • Place in this Document, Hyperlink ini digunakan untuk akses cepat dalam satu workbook. anda dapat membuat link untuk bernavigasi antar halaman (sheets).
  • Create Doument, Hyperlink ini digunakan untuk membuat file excel baru. anda dapat mendefinisikan nama file baru yang akan dibuat.
  • Email Address, Hyperlink ini digunakan untuk membuat email baru ke alamat emailyang telah di tentukan, anda dapat mengisi alamat email di kolom address.
Cara membuat hyperlink excel

Cara Membuat Hyperlink antar halaman Excel

Penggunaan hyperlink di excel sangat bermanfaat ketika kita menjadikan lembar kerja sebagai laporan. kita dapat bernavigasi dengan mudah antar halaman excel.
Cara membuat hyperlink antar halaman excel
Langkah membuat hyperlink :
  1. Buka file latihan “hyperlink”
  2. Pada halaman Menu utama klik cell B3 (“Report JAN)
  3. Masuk ke tab Insert pilih Link
  4. Link to : Place In this Document
  5. Cell Reference : Pilih sheet JAN
  6. Klik OK
  7. Ulangi step diatas untuk Halam FEB.

Cara membuat Hyperlink excel ke Word / Powerpoint (cell static)

Hyperlink dari excel ke word / Powerpoint memungkinkan anda untuk menampilkan file excel di microsoft word atau pada saat presentasi dengan Powerpoint. ketika kita mereferensikan file excel didalam hyperlink Ms word,excel akan mereferensikan alamat cell terakhir dimana workbook terahir disimpan. agar file excel selalu menampilkan alamat cell yang statis dan selalu menuju alamat cell yang sama, kita dapat memanfaatkan Fitur Define name untuk hyperlink halaman excel.
Pengaturan hyperlink di file excel :
hyperlink excel ke word
  1. Buatlah Define name di excel untuk halaman yang akan di tuju.
    Seleksi cell A1, Pada tab Formulas pilih Define name.
  2. Beri nama Define name “alamat_cell” dengan Refers to =“JAN!$A$1
  3. Klik OK
  4. Dengan pengaturan ini hyperlink akan selalu menuju pada cell A1 sheets JAN.
Pengaturan hyperlink di Ms Word :
Pada lembar kerja Ms word. Bualah satu objek boleh berupa tulisan atau gambar. kemudian sisipkan hyperlink didalam objek tersebut.
Hyperlink excel ke word 2
  1. Pada object di word sisipkan hyperlink dengan cara klik kanan pilih Link
  2. Browse file excel yang akan di tuju.
  3. Pada akhir address file tambahkan “#alamat_cell”
Penggunaan define name ini bertujuan untuk memberikan suatu alamat cell statis agar nantinya ketika dipanggil oleh file lain selalu menuju halaman yang sama yaitu Sheets JAN Cell A1.
Semoga bermanfaat… 
Sumber : latihanexcel.com


Blog, Updated at: 6:14 PM

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.