//responsif iklan

Cara Membuat Label Undangan pada Excel

Posted by

Program excel bukan cuman ahli dalam perhitungan. Karena excel juga sangat praktis untuk mencetak lebel undangan. Disamping itu file-file nama dan alamat bisa disimpan. Sehingga suatu saat jika mau gunakan tinggal copy paste aja.
PENGANTAR CARA BUAT :
  1. Tentulah harus buat buka dulu aplikasi excel.
  2. Untuk membuat aplikasi nya kita harus menggunakan 2 sheet. Sheet 1 nggak papalah dinamakan “print” karena saat print harus dari sheet ini jika emang dah diset. Untuk sheet 2 kita beri nama “data base” karena disheet inilah data nama dan alamat diinput. Data sheet 1 sumbernya dari sheet 2. jadi sheet 1 link ke sheet 2. (kayaknya kurang lebih begitulah bahasanya).
I.     PERLAKUKAN UNTUK SHEET SATU ATAU SHEET PRINT
Mengatur sheet 1, harus berdasar pada lebel undangan yang akan kita gunakan. Label undangan ada beberapa jenis dan merek. Tapi yang umum digunakan oleh orang adalah label undangan yang perlembarnya isi 10 stiker.
Pada tahapan ini agak sulit karena letak nama harus tepat agar label tampak indah. Ukuran angka yang penulis masukkan tidak sepenuhnya tepat. So.. nanti kalau sudah jadi harus dicoba dulu print 3 kali pada belakang label, untuk liat posisi tepatnya. Apakah harus ke atas, bawah, ke kiri atau ke kanan (tinggal disesuaikan).
Langkah-langkah kerja :
  • Masuk ke page set up. Set margin top, bottom, lef dan right ke angka 0. jangan lupa headernya juga kasi angka 0. lalu OK
  • setelah OK kolom A dan kolom B diperlebar (column width = + 40)
  • Selanjutnya kita akan mengisi nama dan alamat. Pada tahapan ini sebagai percobaan. Pada column A baris ke 3 isi nama misalnya “Hamka Alif”. Baris ke 4 isi dengan kata “di” dan pada baris ke 5 isi dengan Jl. Paccinongan-Sungguminasa”. Pada column B baris ke 3 isi juga dengan nama yang akan diundang, baris ke 4 dengan kata “di” dan bari ke 5 “alamat yang dituju”.
  • Selanjutnya langkahi 5 baris atau tepatnya di bari ke 11 isi lagi seperti pada langkah 3 di atas. Seterusnya ke bawah sampai cukup 5 nama pada masing-masing column. Jadi totalnya 10 nama dan alamat. Berikut contoh :
  • Beginilah tampilang halaman print. Cobalah untuk print terlebih dahulu. Ingat gunakan bagian belakang label agar label tidak rusak dan lebih mudah melihat posisi tepatnya.
  • Catatan : Jika ada nama yang masih harus ke atas maka del satu baris atau lebar baris yang dikurangi (begitupun sebaliknya). Kalau harus begeser ke kiri atau kanan maka lebar kolom yang diubah.
  • Setelah Ok hasil printnya. Kita akan melangkah ke bagian kedua yaitu pengaturan Sheet 2.
II.     PERLAKUKAN UNTUK SHEET 2 ATAU DATABASE
Pada tahapan ini sangat mudah. Karena kita cuman membuat tabel. Sehingga prosesnya tidak terlalu lama.
Langkah-langkah kerja :
  1. Buat kolom dengan kepala kolom yang terdiri dari NO. Nama dan Alamat
  2. Pada kolom NO. isikan angka 1 – 10 agar nanti tidak bingung
  3. Perlebar kolom nama. Tapi ada baiknya ukurannya disesuaikan dengan kemampuan label. Jadi kalau ada nama yang sudah lewat batas bisa diedit agar saat di print bisa tampil semua namanya.
  4. Begitupun dengan kolom alamat.
  5. Berikut contoh nya :
  1. Tabel yang dibuat tidak perlu terlalu indah.
III.   LINK KAN SHEET 1 DENGAN SHEET 2. (Gitu kira2 bahasanya).
Data nama dan alamat yang ada di sheet 1, diambil dari data yang telah kita input di sheet 2 pada tabel yang telah kita buat. Kecuali untuk kata “DI” karena kata ini tidak pernah berubah.
Langkah-langkah :
  • Klik sheet 1 atau sheet print (kalau emang namanya telah di ubah).
  • Arahkan kursor pada Nama paling atas. Pada contoh yang kita buat di atas berarti pada cell A3 artinya kolom A baris ke-3 . Kemudian tekan tomboh sama dengan (=) lalu klik sheet 2 (data base kalau sudah ubah nama) kemudian klik nama pada baris 1 dalam tabel yang telah kita buat (pada contoh kita di atas berada pada cell B5). Selanjutnya ENTER.
Artinya : kita ingin agar data nama yang ada di sheet 1, berasal dari data nama yang kita input pada tabel di sheet 2. Apapun nama yang kita ketik pada tabel di sheet 2, maka itupula yang mucul
pada sheet 1.  Catatan : jika pada tabel di sheet 2 belum ada nama yang kita ketikkan maka akan tampil angka 0 pada sheet 1. Artinya rumus yang kita masukkan benar.
Contoh :
  • Begitupun pada kata alamat di sheet 1. Klik Cell A5 lalu tekan tombol sama dengan (=). Lalu klik sheet 2 (data base). Lalu klik alamat pada tabel yang telah kita buat (pada contoh di atas berada di Cell C5).
  • begitu seterusnya sampai nama yang terakhir. Usahakan teratur agar kita nantinya tidak bingung.
Demikian uraian di atas. Untuk selanjutnya nama yang telah diketik tinggal di copy dan paste aja ke dalam kolom telah kita buat di sheet 2. Jangan gunakan perintah CUT karena rumus yang telah kita masukkan akan hilang disamping itu nama-nama yang telah diketik bisa disimpan untuk penggunaan yang akan datang.  Setelah dicek OK semua jangan lupa klik sheet 1 Saat akan print.
Selamat mencoba…
Sumber : ulaweng.wordpress.com


Blog, Updated at: 7:42 AM

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.