//responsif iklan

Penjelasan Tab Menu (Ribbon) pada Excel

Posted by

Setelah belajar ms excel ini, yang diharapkan adalah: Mampu membuka, membuat, menyimpan file, memasukkan data, menggabungkan sel, mengganti nama sheet, menjumlah dan mengalikan dan menyajikan laporan keuangan dalam bentuk sederhana,membuat grafik, menggunakan rumus pengolah tanggal dan waktu, mengolah laporan pengambilan kode, rumus logika dengan “if”, membuat resume menggunakan “countif”, “sumif”, dan membuat rataan,mencetak laporan, mengatur tampilan cetak, membuat laporan dengan menggabungkan dengan gambar dan tulisan seni,menggunakan logika lanjut dengan menggunakan “lookup”, pengaturan layout (membekukan & membelah sel, custom list, proteksi, conditional formatting, memahami beberapa tanda error),mengorganisasi penyusunan laporan secara komprehensif dan masih banyak lagi yang lainya... 


Sebelum kupas tuntas secara detail dan step by step, kita kenalan dulu dengan Ribbon ribbon Ms Excel sebagaimana saudaranya terdahulu, Ms Word dan Ms powerpoint, setelah ini kita akan bahas detainya.

1.   Home



Keterangan
  1. Clipboard (menyalin data (Copy)CutFormat Painter dan Paste)
  2. Font/Jenis huruf, Ukuran, Catak tebal/Bold, Miring/Italic, dan garis Bawah/Underline, warna huruf/font color, Membesarkan dan mengecilkan ukuran huruf/Increade, Decrease)
  3. Alignment/Perataan (rata kiri/left, kanan/Right, tengah/Center,arah tulis teks/Text didection, Nambah Indentasi/Increase Indentasi, gabung cell/merge Cell, dst)
  4. Number (format bilangan) mencakup pengaturan format tanggal/Date, mata uang/currency, desimal, Tanggal dan waktu/date dan time, atau format secara manual/custom, dst
  5. Style terdiri dari Conditional Formating; untuk memformat berdasarkan syarat-syarat tertentu, format tabel dan sell secara otomoatis
  6. Cells berhubungan dengan bagaimana memasukan cell/Insert, pada worksheet menghapus/delete dan memberi format tertentu
  7. Editing berhubungan dengan menjumlahkan data angka secara otomoatis dan cepat/AutoSum, Mengurutkan data/sortir dan filter data dan mencari dan menyeleksi data/Find & Select.

2.   Insert

          
Keterangan
a. Tables (memasukan tabel secara otomatis, dan membuat Tabel Pivot/PivotTable
b.Illustration (berrhubungan dengan memasukan Gambar/picturesClipt Art, Objek-Objek default/ShapesSmart Art dan ScreenShot
c. Chart (Membuat Grafik dengan format format yang sudah defaul dari komputer.
d.Sparklines, filter, Link, Text dan Symbols
e. Link, membuat link antar cell, sheet atau workbook
f.  Text, Memasukan text box, header dan footer, objek dari program lain, WordArt
g.Symbol, memasukan format-format penulisan rumus/Equation, dan Syimbol

3.   Page Layout

          
Keterangan
  1. Themes (memasukan desain workbook secara otomatis untuk warna, jenis huruf/Font dan effect
  2. Page Setup (pengaturan batas naskah/margin, arah cetak, lancape atau potrait/Orientation, Ukuran kertas/Size,Batas cetak/Print Area,  Breaks, memasukan background pada lembar kerja/background, mencetak judul secara berutang/Print Titles
  3. Scale to Fit (menentukan prosentase skala,Tinggi/Height dan Lebar/Width cell secara manual atau otomatis
  4. Sheet Option (menentukan tampilan Heading dan garis bantu/gridlines, dicetak atau hanya ditampilkan atau kedua-duanya ya atau tidak.
  5. Arrange (menentukan susunan satu objek atas objek yang lainnya

4.   Formula



Keterangan
  1. Function Library (berhubungan dengan format-format rumus dan fungsi yang ada di Ms Excel, keuangan/financial, logika/Logical, Teks/Text, Tanggal dan waktu/Date&Time, matematika dan trigonometry/math &Trig, dan fungsi-fungsi lain yang sangat banyak
  2. Define names (berhubungan pemberian nama secara manual pada cell tertentu
  3. Evaluate Formula (untuk mengedit formula sebelumnya, dan watch windows
  4. Calculation Options (berhubungan dengan pilihan kalkulasi apakah secara Otomatis, Manual atau Otomatis dengan kekecualian Tabel Data

5.   Data

     
Keterangan
  1. Get External data, mengambil sumber data dari aplikasi lain, misal dari Ms Access, Web, atau teks yang sudah ada
  2. Connection, koneksi dengan jaringan internet atau antar jaringan komputer
  3. Sort and Filter, mengurutkan data ,Ascending atau Descending, dan filter data
  4. Data Tools, mengubah format teks ke kolom, menghapus data yang ganda/duplikat, dan validasi data/Data Validation,dst
  5. Outline (Mengelompokan data/Group atau sebaliknya/Ungroup, dan membuat formula subtotal secara otomatis

6.   Review



Keterangan
  1. Proofing, berhubungan dengan pengejaan tulisan/Spelling, mencari referensi kata/Research dan Thesaurus
  2. Language, menerjemahkan kata/translate
  3. Comments,memasukan komentar, menghapus, dst
  4. Changes,Untuk proteksi Sheet, Workbook dan Sharing antar Workbook juga untuk Proteksi sekaligus share bukukerja/Workbook

7.   View



Keterangan
  1. Workbook Views, berhubungan dengan tampilan workbook, dan layout workbook sesuai yang diinginkan.
  2. Show, meng aktifkan/On atau mematikan/Off tampilan pengarus/Ruler, garis bantu/Gridlines, Rumus/Formula dan heading
  3. Zoom, setting ukuran prosentase tampilan/100%, kurang dari 100% atau lebih dari itu
  4. Windows, pengaturan tampilan beberapa buku kerja yang aktif secara bersamaan, menambah jendela kerja baru/NewWindow, Mengurutkan windows yang aktif/Arrange All, apakan Horizontal, Vertical, Cascade, Tiles. Membekukan cell tertentu/Freeze Panes, Mengiris/Split, mengembungikan cell atau menampilkan cell yang tersembunyi/Hide dan Unhide, berpindah-pindah antar jendela/Switch Windows, dst
  5. Macros (untuk membuat program macros dan mengaktifkannya.

The Winners never quit, the quitters never win”


“Pemenang Tidak Pernah Berhenti dan Yang berhenti Tidak pernah menang”
Sumber : komputer.ilmuwebsite.com


Blog, Updated at: 1:12 PM

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.