Auto Sum adalah merupakan fitur pada Excel yang berfungsi untuk menjumlahkan kumpulan cell baik mendatar atau menurun secara otomatis sehingga pengerjaan lebih mudah dan cepat. Fungsi Icon menu Auto Sum pada prinsipnya yaitu hampir sama dengan rumus SUM, namun penggunaan Auto Sum ini memiliki kelebihan dari fungsi SUM yaitu lebih praktis karena Auto Sum ini bisa menentukan rangenya secara otomatis dengan ketentuannya tersendiri.
Oke langsung saja supaya lebih jelas berikut ini contoh penggunaannya
- CARA 1
Contoh ke satu
- Pertama buka Ms Excel
- Buatlah tabel angka seperti contoh gambar dibawah ini
- Pada tebel tersebut kita akan menjumlahkan angka-angkanya
- Kita block atau select dari cell F1 sampai F10
- Klik menu Home >> Group Editing >>> klik Auto SUM
- Berikut contoh hasilnya
Contoh ke dua
Kita jumlahkan kearah mendatar
- Kita block atau select dari cell A11 sampai E11
- Klik menu Home >> Group Editing >>> klik Auto SUM
- Berikut contoh hasilnya
CARA 2
Cara kedua kita bisa gunakan sort cut
- Kita block atau select dari cell A11 sampai E11
- kemudian tekan tombol Alt + =
- Maka hasilnya tampil penjumlahan secara otomomatis
Selain untuk penjumlahan kita juga bisa memanfaatkan auto sum yang lainnya seperti
- AVERAGE digunakan untuk mencari rata-rata
- Count number digunakna untuk menghitung banyaknya data
- Max digunakan untuk mencari nilai tertinggi
- Min digunakan untuk mencari nilai terendah.
Demikian penjelasan mengenai 2 Cara Menggunakan Auto Sum Pada Excel, sehingga kita bisa menjumlahkan angka pada Excel lebih praktis, mudah dan lebih cepat.
Sumber : belajaroffice.com
0 comments:
Post a Comment