//responsif iklan

Cara Membuat Dependent Dropdown List (Dropdown List Bertingkat) pada Excel

Posted by

Apa itu dependent dropdown list? kurang lebihnya bisa diartikan dropdown list yang saling bergantung dengan dropdown list lainnya atau bisa disebut juga dropdown list bertingkat.
Sebelumnya kita membuat sebuah dropdown list yang berisikan nama-nama provinsi. 

  • Sebelum membuat dropdown list, kita definisikan terlebih dahulu nama-nama dari setiap kolom yang akan kita gunakan pada Name Box

  • Untuk kolom dengan nama provinsi lebih dari satu suku kata, ganti karakter spasi dengan karakter underscore (_).

  • Setelah selesai, pada cell B1 di sheet Form, buat dropdown list. Hanya saja pada kolom Source, range datanya diisi dengan "=Provinsi". Hal ini akan mengarahkan pengambilan data pada kolom Provinsi yang tadi kita definisikan namanya pada sheet Ref

  • Setelah selesai, klik tombol OK. Maka, secara otomatis dropdown list akan muncul pada cell B1.
  • Selanjutnya pada cell B3 buat lagi dropdown list untuk nama kabupaten/kota. Pada kolom Source tuliskan formula seperti berikut: "=INDIRECT(SUBSTITUTE($B$1," ","_"))". Fungsi INDIRECT untuk mengarahkan pada cell yang ditentukan, yaitu cell B1. Sedangkan fungsiSUBTITUTE untuk mengganti karakter, dalam hal ini karakter spasi diganti dengan underscore (_). Sehingga, ketika memilih nama provinsi yang mengandung spasi, maka spasinya akan diganti dengan underscore. Misalkan nama provinsi DKI Jakarta, maka dengan formula tersebut akan diubah menjadi DKI_Jakarta.

  • Setelah selesai klik tombol OK. Maka pada cell B3 akan muncul dropdown list untuk nama kabupaten dan kota.
  • Untuk mencobanya, silahkan pilih terlebih dahulu nama provinsi kemudian lihat tampilan pada dropdown list nama kabupaten/kota.

Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada screencast di bawah ini. Semoga tutorial ini bisa bermanfaat.

Sumber : rangkumanexcel.blogspot.com


Blog, Updated at: 5:06 PM

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.